7 Tips agar Suplemen Vitamin C Mudah Diserap Tubuh

7 Tips agar Suplemen Vitamin C Mudah Diserap Tubuh
 

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan.
Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C penting untuk kesehatan tulang, kulit, dan gigi, serta produksi kolagen.
Vitamin C juga diperlukan untuk penyembuhan luka serta mengatur kolesterol darah.
Selain dari buah atau makanan yang kita konsumsi, vitamin C juga bisa didapat dari suplemen yang banyak dijual di apotek atau toko obat.
Jika Anda memutuskan untuk mengambil suplemen vitamin C, berikut tips agar suplemen tersebut lebih mudah serta efektif diserap tubuh:

1. Minum suplemen vitamin C yang sudah diestererifikasi.
Vitamin C yang sudah diesterifikasi akan diserap ke dalam darah dan jaringan sekitar empat kali lebih cepat dibandingkan vitamin C biasa.
Selain itu, vitamin C bentuk ini bersifat nonacidic, sehingga lebih dapat ditoleransi oleh orang dengan pencernaan sensitif.


2. Membagi dosis.
Dosis yang sedikit namun lebih sering akan menyediakan suplai vitamin C yang kontinyu bagi tubuh.
Vitamin C dalam dosis tinggi bisa menyebabkan diare dan mengiritasi saluran pencernaan, sehingga dengan membagi dosis akan membantu menghindari kondisi tersebut.

3. Ambil bioflavonoid kompleks.
Dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C dengan bioflavonoid kompleks karena dapat meningkatkan penyerapan vitamin C.

4. Ambil suplemen vitamin E dan A.
Akan lebih baik jika mengonsumsi suplemen vitamin C dengan suplemen vitamin E dan A secara bersamaan.
Ketiga suplemen tersebut akan bekerja secara sinergis, sehingga ketiganya akan lebih efektif bila dikonsumsi secara bersamaan daripada dikonsumsi secara terpisah.

5. Berhenti merokok.
Jika Anda seorang perokok aktif sebaiknya segera berhenti merokok atau kurangi jumlah rokok. Hal ini karena dengan merokok maka simpanan vitamin C dalam tubuh akan menurun.

6. Periksa obat-obatan yang sedang Anda ambil.
Banyak dari obat-obatan yang dapat mengurangi kadar vitamin C dalam tubuh. Jika Anda mengambil kontrasepsi oral, steroid, analgesik, atau antidepresan, Anda mungkin membutuhkan asupan vitamin C lebih banyak.

7. Kurangi konsumsi alkohol.
Seorang pecandu minuman beralkohol, sebaiknya segera mengurangi atau menghentikan kebiasaan ini. Selain merugikan kesehatan secara umum, alkohol juga dapat menghilangkan vitamin C dari tubuh.

1 komentar:

Posting Komentar